Cara Menggunakan Transmisi Matic

Feb - 22
2016

Cara Menggunakan Transmisi Matic

PAJERO1

Mayoritas kendaraan di Jakarta saat ini adalah bertransmisi automatic / matic. Karena jalanan Jakarta yang cenderung macet, maka memang lebih memudahkan kita dalam berkendara. Ditambah dengan produsen otomotif lebih banyak menjual tipe matic dibanding manual saat ini.

Contohnya Mitsubishi All New Pajero Sport :

Price List OTR Jakarta :
– All New Pajero Sport Dakar 4×4 A/T : Rp. 623.000.000
– All New Pajero Sport Dakar 4×2 A/T : Rp. 496.000.000
– All New Pajero Sport Exceed 4×2 A/T : Rp. 446.000.000
– All New Pajero Sport GLX  4×4 M/T : Rp. 495.000.000

Dari 4 varian yang ada, 3 varian adalah matic dimana varian manual hanya ada 4×4 yang notabene lebih dibutuhkan perusahaan tambang, perkebunan, dll yang tidak banyak beroperasi di jalan raya jakarta.

Kami ingin membahas 1 tips mengenai penggunaan transmisi matic disaat parkir. Seperti kita ketahui bersama transmisi matic terdiri dari P (Parkir), R (Mundur), N (Netral), D (Jalan). Saat anda parkir sewaktu kondisi transmisi di posisi D jangan langsung memindahkan ke R, pindahkan dahulu ke N, tunggu sekitar 3 detik baru pindahkan ke P.

Saat kendaraan anda parkir di jalanan rata atau turunan, cara menggunakan yang aman adalah dari posisi D, injak rem kaki lalu pindahkan ke posisi N, tarik rem tangan, lepas rem kaki, baru masukkan ke posisi P.

Tips diatas adalah berguna untuk membuat transmisi matic anda lebih awet dan memperpanjang umur transmisi matic anda. Tapi jangan lupa penggantian oli matic yang sesuai jadwal juga perlu untuk kelangsungan hidup transmisi matic anda :)

Semoga berguna..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *